Keep Salam-Arti Sebuah Salam dalam Ucapan

By: udahtauNanYa!

Tuhan baru kusadar

Indah nikmat sehat itu
Tak pandai aku bersyukur …Kini ku harapkan cinta Mu

Sore itu,sehabis menjalankan sholat Ashar…Saya  duduk di kamar berukuran kecil 3×3 meter sambil mendengarkan lagu tersebut sambil melamun.. karena pikir waktu itu kurang kerjaan,akhirnya saya berencana untuk mengirimi teman saya SMS. Dengan bunyi seperti ini ..

Ass.. Bung ! dimana ? bisa kerumah aku sekarang bantu ngerjain Pr. Fisika ?

1  jam sudah berlalu namun tak juga ada balasan darinya,sambil melihat jadwal pelajaran besok,yang ternyata ada pelajaran fisika,saya pun mulai pasrah dengan Bung yang tidak juga membalas pesan singkat saya.

Tiba tiba Hp saya begetar “zzzt…zzzt…zzzt”dengan hati yang senang,saya pun meraih handphone saya.Namun,ketika membuka pesan singkat itu,saya merasa sangat malu sekali,ukuran kamar saya yang kecil itu serasa berukuran 1000 kali lipat besarnya dan saya serasa sudah menjadi kutu kecil berukuran 1mm x 1mm  yang sedang duduk terpojok.Saya hanya bisa pasrah,lalu meminta maaf..Betapa tidak..ternyata Bung  membalas dengan pesan.

waalaikumussalam. lain kali kalau nulis salam jgn pake ‘ass’, kalo bsa yg lgkp atau aslm.

Saya sering membaca dimana mana tentang penulisan salam yang di singkat,namun tidak tahu tentang kebenarannya.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam bersabda, “Kalian tak akan masuk surga sampai kalian beriman dan saling mencintai. Maukah aku tunjukkan satu amalan bila dilakukan akan membuat kalian saling mencintai? Yaitu, sebarkanlah salam di antara kalian.” [HR Muslim dari Abi Hurairah]

Menyatakan salam bagi umat Islam sama artinya kita mendoakan kesejahteraan serta kebahagiaan hidup sesama kita ? Dan tanpa kita sadari hal itu telah meningkatkan rasa silahturahmi diantara kita.
So…berilah salam dan jawablah salam yang diberi. Betapa indahnya Islam, mendidik umatnya agar saling mendoakan sesama muslim.. Tapi…

Salam juga sering di singkat,termasuk seperti cerita diatas…

Terkadang,banyak alasan seseorang menyingkat salam,entah itu karena terburu-buru atau karena karakter huruf pada handphone yang terbatas.

Berbagai macam singkatanpun bermunculan… mulai dari yang paling pendek,sampai yang paling panjang…

  • Aslm
  • Asw
  • Aslmlkm
  • Aslmlkm wr.wb
  • Akum
  • Askum

Dan yang lebih parah lagi singkatan :

ASS

Singkatan ini ternyata tidak baik untuk di baca,dan secara tidak sadar kita telah mendoakan yang kurang baik kepada saudara kita yang kita beri salam tersebut.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Ucapan yang paling sempurna dan sekaligus doa terhadap saudara-saudara kita.

“Ass” kata singkat ini ternyata berarti :

  • K*ledai
  • Orang B**** ( Semoga tidak ada di antara kita..) Na’uzubillah
  • Dan yang ketiga ****

Jangan sampai kita salah dan gegabah dalam melakukan sesuatu,termasuk dengan hal sepele karena kata “ass”bukan malah memberi salam sejahtera kepada orang lain,namun malah mendoakan keburukan.Niat baik ingin mengucapkan suatu salam,namun yang jadi hasil hanya kalimat yangkurang baik.

Pada suatu pertemuan bersama Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam, seorang sahabat datang dan melewati beliau sambil mengucapkan,

“Assalamualaikum”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam lalu bersabda, “Orang ini mendapat 10 pahala kebaikan.”
Beberapa waktu kemudian,datang lagi sahabat lain..

Ia pun mengucapkan,

“Assalamualaikum Warahmatullah.”

Kata Rasulullah, “Orang ini mendapat 20 pahala kebaikan.

” Kemudian lewat lagi seorang sahabat lain sambil mengucapkan,

“Assalamu alaikum warahmatullah wa barokatuh.”

Rasulullah pun bersabda, “Ia mendapat 30 pahala kebaikan.” [HR. Ibnu Hibban dari Abi Hurairah].

Lalu bagaimana pahala dari salam yang di singkat-singkat ?

So..Lebih baik kan kalo sejak dini kita sempurnakan kata”Ass” menjadi  lebih lengkap “jadi “Assalamualaikum”…Lebih baik lagi kalo di lengkapkan 3 kata tersebut …hehe

Ngejawab salam , juga hak seorang muslim

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada lima; menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, menghadiri undangan dan mendoakan orang yang bersin.”
(Muttafaqun ‘alaihi)

Pada QS.YUNUS :10


دَعْوَاهُمْ فِيهَا سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلاَمٌ

Artinya“Do’a mereka di dalamnya ialah: “Subhanakallahumma”, dan salam penghormatan mereka ialah: “Salam” (sejahtera dari segala bencana)”

Ini memang nampak sederhana sekali,namun sebenarnya ucapan salam untuk agama kita sudah diatur,Salam adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW, dan barang siapa yang mendengarnya maka wajib untuk menjawabnya.

Sebelum Islam datang, orang Arab terbiasa menggunakan ungkapan-ungkapan salam yang lain, seperti “

“Hayakallah”.

Artinya “semoga Allah menjagamu tetap hidup”

Namun ketika Islam datang, ucapan itu diganti menjadi

“Assalamu ‘alaikum”

Artinya:”semoga kamu terselamatkan dari segala duka, kesulitan dan nestapa.”

Dan,Abu Umammah RA pernah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

”Orang yang lebih dekat kepada Allah SWT adalah yang lebih dahulu memberi Salam.” (Musnad Ahmad, Abu Dawud, dan At Tirmidzi)”

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوْهَا

“Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS. An-Nisa: 86)

Dulu,orang yahudi pernah Adalah Yahudi pernah memberi salam mengucapkan : Assaamu ‘alaikum(Tanpa L) (Kecelakaan bagi anda)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalampun menjawab :Wa’alaikum saja.

Begitu juga bagi anda kecelakaan (kematian)
Bagaimana jika ada seseorang yang menulis waalaikum tersebut dengan singkatan “Wlkm” ,Padahal awalnya orang pertama dengan lengkap menyebut Assalamualaikum ? Orang pertama mendoakan kebaikan,namun apa yang telah seseorang yang membalas salam itu ? sebuah doa yang kurang baik pada saudara sendiri.

Seharusnya kita wajib bersyukur karena ucapan islami ini,lebih baik dari pada bangsa bangsa lain,karena salam dari islam bukan sekedar memperkuat silahturahmi,namun juga do’a,seseorang telah melaksanakan hak nya,dan dapat mengingatkan bahwa seseorang bergantung kepada-NYA,tak ada satu pun yang dapat mengganggu ataupun mencelakakannya,

Rasulullah Muhammad SAW sangat menekankan penyebaran pengucapan Salam antar sesama Muslim dan beliau menyebutnya sebagai perbuatan baik yang paling utama diantara perbuatan-perbuatan baik yang kita kerjakan.

This article is very simple,namun sangat besar manfaatnya bagi kita, Dan yakin lah..jika Allah akan memperhitungkan setiap yang kita kerjakan.

Kesalahan dalam penyingkatan salam,dalam penulisan di surat,sms dll…JANGAN SOK SINGKAT-MENYINGKAT. Karena salam dalam islam mengandung doa keselamatan.Banyak bahasa gaul lainnya lagi yang ternyata TIDAK memberi makna doa keselamatan.Next…

“Haduh,gak gaul banget sih ? masak sih di suruh nulis panjang-panjang ?”

Allah memberikan kemudahan bagi kita..so..True

Ternyata pada surah Al-Hasyr ayat 23.

“As-Salaam” adalah singkatan yang benar dari “Assalamualaikum”, As-Salaam merupakan arti dari (Maha Sejahtera).

Dan ada satu lagi singkatan yang salah yaitu “ AKUM”adalah gelaran untuk orang-orang Yahudi kepada orang-orang bukan yahudi yang bermaksud “BIN*T*NG) dalam Bahasa Ibrani.

Jangan pernah gunakan kata ‘Bye” karena artinya adalah jarum sulit Kristian yang bermaksud “Di Bawah

Naungan Pope.” .

Masih pengen nyingkat-nyingkat ? kalo pernah ngerasa nyingkat salam minta maaf gih,sebelum terlambat (Pas kayak kata temen saya).Tuh salam udah sempurna..Ngapain di singkat –singkat ?

Sampai sekarang ini,saya masih merasa bersalah sekali,serta malu luar binasa karena sudah berani menyingkat salam dengan kata ‘ass’,”Maaf ya ” Bagaimana dengan anda yang sering menggunakan singkat singkatan tersebut di sms,e-mail,chat,dsb..?

About Najmi Wahyughifary

Make a better civilization

Posted on March 9, 2011, in udahtaunanya. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: