Ikatan Cinta Kimia

IKATAN KIMIA CINTA

(me-review pelajaran kelas 10)

Ngomong-ngomong cinta pasti gak bakalan lepas dengan namanya sebuah ikatan…Ngomong-ngomong ikatan…saya malah teringat dengan pelajaran Kimia kelas 10 ya….ya betul sekali “Ikatan Kimia”

“Baiklah anak2 kita hari ini akan bahas ikatan kimia….Ok!!!”

*Ikatan Ion= ikatan yg terjadi antara ion-ion positif  dgn ion-ion negatif.(logam-nonlogam)

*Ikatan Kovalen= ikatan yg terbentuk karna penggunaan bersama-sama pasangan elektron   valensi.(nonlogam-nonlogam)

“Apa hubungannya ama cinta bro???”

Baiklah saya akan menjelaskannya saudara-saudari….

Konsep cinta saya yg akan kemukakan hari ini sudah saya tuangkan dalam beberapa slide yang udah saya bikin (anggap aja slidenya ada!!!!). Perhatikan baik-baik….

By Reporter

“Baik saudara-saudari. Langsung saja kami siarkan persentase Ikatan Kimia Cinta langsung dari  halaman parkir tenis Dharma Praja, kami beserta kru yang bertugas mengucapkan –Selamat Menyaksikan-…..“

Slide 1…

Metodologi Cinta.

>> ”Bicara tentang cinta, bicara  manusia….. bicara tentang setia” (dgn iringan lagu Wali supaya makin mengguncang)

Bicara tentang cinta otomatis bicara tentang manusia, karena eh karena  Cuma manusia satu-satunya makhluk yg diberikan akal oleh sang Pencipta yang mempunyai point-point Cinta yang nyata dan memuaskan akal…

Kenapa manusia ?? Karna manusia begitu mudah melabuhkan cintanya ke sembarang cinta. Ibarat mencari buaya di kubangan emas…Itulah fakta point-point cinta kita saat ini.

Mengapa ??? Karena eh karena manusia bnyk yg pada lupa atau sengaja lupa terhadap point cinta sesungguhnya yg ada pada dirinya….yaitu CINTA Karna-NYA…Begitu mudah orang2 zaman sekarang menaruh cintanya di sembarang tempat gak peduli ama namanya baik n mudaratnya.

Kalau hewan atau makhluk hidup lainnya ?? Yah, kalo itu sih bukan cinta namamya…Kita kudu memahami dulu konsep dan proses bagaimana seorang insan dapat menyalurkan cintanya.

Khan hewan n tumbuhan juga bereproduksi. Apa itu bukan suatu bukti bahwa adanya cinta pada hewan n tumbuhan ??? Oh…tidak bisa…(elu siapa sih bikin gue naik pitam aja…gue udah cape2 neh bikin powerpoint buat org2 yg gue cinta….emangnya elu monyet yg mengharapkan hangatnya cinta dari gue…..)

Saya tekankan. Cinta itu adalah sebuah proses pemikiran dan pemahaman yang perlu pengkajian dan penganalisaan. Dimana yg di perlukan disini adalah akal. Jadi, hanya cinta yang dimiliki manusia sajalah yang memiliki orientasi dan tujuan yg nyata (bahkan tdk nyata, ..ntuh Cinta Monyet..cintanya para monyet berwujud manusia)

Sedangkan hewan dan tumbuhan memang benar melakukan sebuah hubungan tanda sebuah ikatan alias hubungan seksual..Tapi itu bukan CINTA tapi adalah sebuah INSTING atau NALURI untuk meneruskan keturunan. Karna Allah SWT sendiri telah menkaruniakan itu pada semua makhluk hidup. So, kalo ada cinta yang gak pake akal (dgn pemikiran yg benar) itu namanya Cinta Monyet alias cintanya kaum hewani dan tumbuhan…Jadi bagi anda yg masih mempunyai cintanya kaum hewani….Segera Hubungi kami di Ujang Ponsel (maaf bercanda!!!!khan yg nulis gue )

“Woiiiii……Pak,  pertanyaan !!!! Apa hubungannya metodologi cinta dengan Ikatan Kimia ? khan hari ini kita kan ngebahas ikatan kimia.”
“Siapa elu???”

(Yahhh, terserah gue lah….emangnya siapa elu…yang nulis kan gue… yg masukin elu dalam kisah ini kan juga gue…jadi kalo mau nanya cikit sopan napa???)

“Oh, iya maaf Pak……Maaf,  bapak Penulis yang Tampan, Baik hati, Rajin menabung, Tidak sombong dan berbakti kepada orangtua….”

(cuihhhh…..ehhhh…bagi elu yang mau muntah, buang air setelah membaca kalimat ini …Silakan!!! Gu udah muntah duluan waktu mau menulis nih kalimat.)

Okkkee….Saya sambung lagi.

Metodologi Cinta pada slide 1 mempunyai makna penting bahwa cinta diberikan dan digunakan hanya kpd makhluk yang berakal saja yaitu…MANUSIA…Jadi saya tekankan bahwa CINTA adalah sebuah proses berpikir dan memahami seorang manusia yg  berakal sehat dan beriman.

SLIDE 2….

Ikatan Kimia Cinta

Baiklah…kali ini kita akan masuk pada materi utama yaitu Ikatan Kimia Cinta. Kita akan bahas satu persatu

  • Ikatan Ion Cinta

Yaitu, ikatan cinta yg terjadi antara energi positif dan energi negative. Maksudnya ini adalah sebuah ikatan cinta yg bereaksi antara dua kutub magnet yang saling berlawanan…Saya ibaratkan ini adalah sebuah bentuk keterikatan dari yang mempunyai super power dengan yang mempunyai minus power pada sisi lainnya….

Real nya…ini adalah cinta hamba (minus power/negatif) kepada yang dihambakan(super power/positif)…

Yaaaa…Tepat sekali..Inilah yang kita sebut dengan “Gharizatul Tadayyun”(gak paham….yahhhh…terserah gue yang nulis khan gue, kalo mau baca…baca aja!!!kasar Mode On). Gharizatul Tadayyun yaitu fitrah seorang insan untuk menghambakan dirinya atau mengagungkan suatu Zat.

Ya, tidak lain dan tidak bukan inilah  Cinta yang saya sebut, CINTA KEPADA ALLAH SWT Sang Pencipta  Sang Penguasa Sang Pengatur Alam Semesta beserta isinya.

Jadi, intinya…Inilah ikatan kekuatan cinta yang mempunyai daya tarik sangat kuat. Kekuatan yang timbul ibarat dua kutub magnet yang saling tarik-menarik yang musti kudu kita jaga dan pelihara keistiqamahan dan kekonsistenan cintanya.

  • Ikatan Kovalen Cinta

Yaitu. Ikatan yang terbentuk karena adanya sebuah orientasi bersamaan pada jalur menuju ikatan luar cinta yang saling berbagi pada waktu bersamaan.(bingung??? Gue juga…mending kita bingung berjamaah..khan pahalanya gede). Maksudnya disini adalah sebuah ikatan cinta yang tercipta atau tereaksi karena adanya kesamaan orientasi cinta pada dimensi waktu yang sama. (Masih bingung ???? Maka minum jamu Anti Bingung produksi Jamu Sido Nongol…gue udah minum makanya gue gak bingung.)

Jadi, cinta ini muncul ketika adanya kesamaan orientasi atau lebih jelasnya kesamaan tujuan dalam proses menaruhkan cintanya. Dan orientasi cinta kita sendiri sudah tertuang dalam Q.S. AdzDzariyat 56 “Telah Ku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah kepadaKu.“

Artinya orientasi cinta kita apa sih?? (bingung????  Anda bingung?? Segera ke balai pengobatan tradisional India Koh Iming, di jamin yang bingung bakal tambah bingung)

Orientasi cinta kita sebenarnya ialah kembali pada Ikatan Ion Cinta, yaitu cinta kita Kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Cinta kita kepada orang tua, keluarga, lawan jenis, teman, guru, dan lainnya semua di orientasikan kepada Alllah SWT.

All of My Love is because of Allah…..

Slide 3….

Level Elektron  Cinta

Tadi sudah dijelaskan mengenai ikatan-ikatan yang terjadi pada prosesnya terjadinya CINTA pada manusia melalui akal pikiran yang didukung dengan iman. Selanjutnya, pada slide ini saya akan mengemukakan level-level cinta  dalam beberapa konsep mendasar:

3 Level Cinta

“Katakanlah “Jika kamu mengutamakan bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, isteri-isterimu, keluargamu, harta hasil usahamu, perdagangan yang kamu khawatirkan kebangkrutannya dan tempat tinggal yang kamu senangi, melebihi daripada mencintai Allah dan Rasul-Nya serta berjihad fi sabilillah, maka nantikanlah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya” (TQS. at-Taubah 24).

Baiklah…kita akan korek satu –persatu…

LEVEL I

  • Cinta kepada Allah
  • Cinta kepada Rasulullah
  • Cinta kepada perjuangan

di jalan Allah

Katakanlah (Muhammad): Jika kamu benar-benar cinta kepada Allah, turutilah aku Muhammad, pasti Allah mencintaimu pula dan sekaligus mengampuni dosa-dosamu” (TQS. ali-Imron 31)

Tidak dianggap beriman diantara kalian hingga Aku (Rasulullah) lebih di cintai daripada cintanya kepada sanak keluarganya dan keseluruhan manusia” (HR. Bukhori)

LEVEL II

  • Cinta pada keluarga
  • Cinta pada lawan jenis
  • Cinta kepada harta
  • Cinta kepada pekerjaan
  • dll

LEVEL III

  • Mengutamakan cinta dunia dibanding cinta kepadaNya, rasulNya, dan berjuang di jalanNya
  • Cinta kepada kemaksiatan

Inilah beberapa point yang ingin sampaikan dulu…..dan saya akan memberikan konklusi yang tegas dan tajam kepada saudara-saudari yang beriman….(gue sambil mengencangkan ikat pinggang yang mulai kedodoran karna kelamaan persentase di depan….)

“Ya, sebelum saya lanjutkan ada yang mau muntah dulu ??  Karna udah minum jamu Anti Bingung…”

Derrrrderrrrderrrrderrrederrrrrrrrderrrededreredederrrrr

(tiba2 handphone item gue bergetar di saku kanan gue…langsung aja gue angkat tuh telpon..)

“Halo sayang, udah makan belum ??”

“Udah.”(gue iseng ngejawab…yg nelpon khan seorang lelaki, jadi kita baca “udah” nya rada sdikit feminism alias bencong mode on)

“Udah minum belum???”

“Udah.”( gue sambil meniru suaranya mbak Krisdayanto)

“Udah gosok gigi blum??”

“Udah,,”

“Kalo jemur pakaian udah belum???“

“Udah“…

“Halo sayang kok udah-udah melulu sih??? Emangnya ini siapa sih ??“

“Kamu tuh yang siapa…. pke sayang-sayang segala lag.,“

Tiiituutuuttiitttiittttttttttttt……

(hahahahahahaha, dasar cowok jd-jdian….Gue di panggil sayang-sayang sgala lagi….)

Maaf saudara-saudari, saya akan melajutkan kembali persentase nya.

Slide 4…..

Konklusi

Ya, baiklah tak ada sebuah argumen tanpa adanya sebuah konklusi atau familiarnya sebuah kesimpulan….

Kita sebagai muslim tentunya tlah memahami bagaimana proses terjadinya CINTA pada seorang insan manusia. Tentu, itu tidak akan pernah lepas dari namanya proses berpikir untuk meraih cintanya. Dimana, proses berpikir merupakan sebuah fungsi akal dan pikiran kita yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT kepada kita. Tentunya akal pikiran perlu ditunjang dengan namanya sebuah pemahaman yaitu pemahaman orientasi cinta yang sesungguhnya yang  memiliki sebuah power yang luar biasa yaitu The Power of Iman or Faith. Jadi, bagi anda yang belum menemukan orientasi cinta anda, carilah cinta SEJATI yang kuat dan meyakinkan,  meyakini melebihi keyakinan akan terbitnya matahari . Yaitu sebuah keyakinan akan CintaNya.

Yaitu Cinta Karena Allah SWT.

Sebuah pesan yang menggugah hati kita. Bukan dari saya, tapi dari seorang Alim Ulama

(Gue ini mah…bukan siapa-siapa, bukan apa-apa, cuma anak mama-papa, yg kerjaannya cuma bisa minta)

“Kecintaan, kasih sayang, dan ketertarikan terhadap sesuatu yang indah dan memiliki kecocokan tidaklah merupakan hal yang tercela serta tak perlu dibuang. Namun, cinta yang melewati batas ketertarikan dan kecintaan, maka ia akan menguasai akal dan membelokkan pemiliknya kepada hal yang tidak sesuai dengan hikmah yang sesungguhnya, hal seperti inilah yang tercela.”

(Ibnu Qayyim al-Jauziah)

Selasa, 22 Maret 2011 pukul 22.33 WITA

Kamar Gue…

Laptop butut Gue yang udah gak ada batrenya, semoga kita tetap istiqamah dalam berjuang bersama dijalanNya dan memperjuangkan tegaknya Minhajin Nubhuwwah…Sebuah kesejahteraan bagi dunia….Allahu Akbar….Istiqamahkan hati hamba, saudara/i hamba, serta orang2 yang berjuang dijalanNya. Yang senantiasa ingin di hindarkan dan di jauhkan dari kejahatan nafsu yang membinasakan…AMIEN YA RABBAL ALAMIN…

_NajmiWahyughifary_ [dalam sebuah dimensi faktual dan nyata]

About Najmi Wahyughifary

Make a better civilization

Posted on March 24, 2011, in Tulisan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: