Re-launching Forum Mengeja Hujan

 

Bismillahirrahmanirrahim.

Forum Mengeja Hujan (FMH) kembali hadir dengan format dan tagline yang lebih menarik.
Dengan tagline #NgajiPersatuanUmmat FMH diharapkan mampu menjadi wadah dialektika bagi berbagai macam konsep keilmuan dan pergerakan islam di konteks dunia islam dewasa ini.
Jama’ah Shalahuddin UGM sebagai Lembaga Dakwah Kampus tertua di Indonesia mempunyai peran dan tanggungjawab dalam fungsi strategis lembaga dakwah kampus di Indonesia. Dengan mengusung tema besar #PionirPersatuanUmmat, Jama’ah Shalahuddin UGM punya kewajiban menjadi ruang bersama dialektika berbagai pergerakan islam yang ada dewasa ini.

Oleh karena itu, Forum Mengeja Hujan mencoba menjawab tantangan tersebut. Dengan pendalaman konsep-konsep dasar islam (serta filsafat), dilengkapi dengan kurikulum dan rujukan yang multi pergerakan mainstream khususnya di Indonesia saat ini. Forum Mengeja Hujan akan selalu berusaha mendialektika apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh ummat ini serta mencoba merumuskan solusi dari solusi-solusi tokoh pergerakan islam yang dewasa ini amat familiar di kalangan aktifis serta pengemban dakwah di Indonesia.

K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Hasyim Asy’ari, Sayyid Quthb, Taqiyuddin An Nabhani, Hasan Al Banna, hingga ulama-ulama dan cendikiawan muslim saat ini telah merumuskan berbagai solusi akan permasalahan yang mendera ummat saat ini. Dengan menciptakan sebuah mainstream baru, dengan mempelajari pejuang-pejuang dahulu yang telah mewariskan titah perjuangannya, Forum Mengeja Hujan tak sekedar wadah untuk proses belajar, namun juga sebuah proses untuk memberi makna dan arti dalam poros kehidupan ummat islam saat ini.

Dan ingatlah janji rasulullah SAW bahwa islam akan kembali tegak dalam fase khilafah ala minhajin nubuwah.

تكون النبوة فيكم ما شاء الله أن تكون ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ثم تكون خلافة على منهاج النبوة فتكون ما شاء الله أن تكون ثم يرفعها إذا شاء الله أن يرفعها ثم تكون ملكا عاضا فيكون ما شاء الله أن يكون ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ثم تكون ملكا جبرية فتكون ما شاء الله أن تكون ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ثم تكون خلافة على منهاج النبوة ثم سكت

 

“Adalah Kenabian (nubuwwah) itu ada di tengah-tengah kamu sekalian, yang ada atas kehendak Allah. Kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian akan ada Khilafah yang menempuh jejak kenabian (Khilafah ‘ala minhajin nubuwwah), yang ada atas kehendak Allah. Kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian akan ada Kekuasaan yang menggigit (Mulkan ‘Aadhdhon), yang ada atas kehendak Allah. Kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian akan ada Kekuasaan yang memaksa (diktator) (Mulkan Jabariyah), yang ada atas kehendak Allah. Kemudian Allah mengangkatnya, apabila Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian akan ada Khilafah yang menempuh jejak Kenabian (Khilafah ‘ala minhajin nubuwwah). Kemudian beliau (Nabi) diam.” (Musnad Ahmad, Juz IV, hlm, 273, nomor hadits 18.430. Hadits ini dinilai hasan oleh Nashiruddin Al Albani, Silsilah Al Ahadits Al Shahihah, 1/8; dinilai hasan pula oleh Syaikh Syu’aib Al Arna’uth, dalam Musnad Ahmad bi Hukm Al Arna’uth, Juz 4 no hadits 18.430; dan dinilai shahih oleh Al Hafizh Al ‘Iraqi dalam Mahajjah Al Qurab fi Mahabbah Al ‘Arab, 2/17).

Tugas kita ialah bagaimana ummat islam yang sedang terpuruk saat ini bisa bangkit kembali.

“Jangan memberikan yang sisa untuk Islam, jangan memberikan waktu yang sisa untuk Islam, tenaga yang sisa untuk Islam, tapi berilah upaya yang maksimal untuk Islam,”   -Ustadz Bachtiar Nashir- 

Mari saatnya, marilah saatnya. Kita bekerja….Kita bekerja….Kita bekerja untuk ISLAM.

Download Kurikulumnya dibawah ini :

Kurikulum Forum Mengeja Hujan (Halaqah Islam Keilmuan & Pergerakan)

 

About Najmi Wahyughifary

Make a better civilization

Posted on March 27, 2014, in Tulisan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: